Senin, 21 Maret 2016

PROXY WAR APA ITU SEBENARNYA KITA HARUS BISA MEMAHAMINYA

Negara Kita Indonesia tengah mewaspadai penyebaran ProxyWar. Salah satu jenis peperangan ini masuk ke kategori perang yang mematikan. Akan tetapi, sebelum jauh membahas kewaspadaan mengenai hal tersebut
Kita harus tau benar apa itu Proxy War diartikan sebagai peristiwa saling adu kekuatan di antara dua pihak yang bermusuhan, dengan menggunakan pihak ketiga. Pihak ketiga ini sering disebut dengan boneka
pihak ketiga ini dijelaskan sebagai pihak yang tidak dikenal oleh siapa pun, kecuali pihak yang mengendalikannya dari jarak tertentu. Oleh karena itu, pihak-pihak seperti mahasiswa, ormas, lembaga masyarakat, dan perorangan disinyalir mudah menjadi boneka atau pihak ketiga tersebut

Perang proxy atau proxy war adalah sebuah konfrontasi kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung...tujuannya untuk melemahkan lawan dengan cara menciptakan konflik horizontal sesama anak bangsa " dan ini sedang terjadi di Indonesia dengan memanfaatkan issue SARA... yang bikin heran, ternyata banyak kaum intelektual yang terlibat.. Ingat yang untung adalah pihak Luar dan kaum Kapitalis..
perubahan latar belakang dan lokasi konflik di dunia, dikaitkan dengan tantangan dan ancaman terhadap Sistem Pertahanan Negara (Sishaneg) dan Bela Negara.
belakang konflik masa kini telah berubah dari memperebutkan energi tak terbarui (minyak) menjadi memperebutkan pangan, air dan energi hayati. Sementara, lokasi konflik kini bergeser ke garis ekuator, dimana banyak terdapat kekayaan hayati di dunia. Oleh karena itu, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di daerah equator dengan kekayaan alam yang melimpah, tentunya menjadi sasaran utama perebutan bangsa asing di masa yang akan datang. “Inilah ancaman nyata bagi Bangsa Indonesia
yaitu perang melalui berbagai aspek berbangsa dan bernegara. Intinya, mereka berupaya menebar kebencian dengan opini-opini adu domba yang mereka desain agar rakyat Indonesia terbiasa dengan kebiasaan bertengkar, anarkis, susah bersatu. Memahami arti penting generasi muda bagi suatu bangsa, bangsa asing juga berupaya menghancurkan generasi muda kita dengan menawarkan budaya asing yang dikemas.
 ada pihak ketiga yang ‘tidak terlihat’ untuk berusaha memecah masyarakat Indonesia.  
sedemikian rupa agar terlihat “keren” di mata anak-anak muda sekarang, seperti narkoba, seks bebas, dan lain-lain

Khususnya para pemuda sebagai motor bangsa perlu memahami dan mengamalkan Pancasila secara utuh, bercermin pada sejarah Indonesia yang jelas-jelas telah mengajarkan pada kita semua bahwa kesatuan dan persatuan adalah langkah yang ampuh dalam menghalau segala bentuk penjajahan dan ancaman.
demonstrasi, gerakan separatis, dan bentrok antar kelompok merupakan salah satu bentuk adanya pihak ketiga atau proxy war.
 beberapa bentuk kondisi jika Indonesia telah menjadi bahan proxy war:
1.  Menjadikan Indonesia menjadi pasar produk pihak asing
2.  Menghambat perkembangan SDM dan teknologi Indonesia agar kalah saing di mata global
3.  Pihak asing melakukan investasi besar-besaran di Indonesia
4.  Menciptakan kelompok teroris di Indonesia
5.  Memecah belah pemuda Indonesia dengan budaya konsumtif
berdasarkan berbagai penjelasan di atas, proxy war merupakan bentuk perang yang ‘tidak terlihat’. Dengan penjelasan ini, apakah Anda sudah mengerti tentang proxy war?






1 komentar:

  1. Pemerintah haus segera melakukan antisipasi agar tidak timbul kerugian yang lebih besar....

    BalasHapus